Belajar Membuat Kompos di Rumah

Our Homeschooling Journey

Post Page Advertisement [Top]

Hallo pembaca yang budiman,


Kertas dari Jerami Padi

Tahukah pembaca bahwa kita bisa membuat kertas dari tanaman? Ya selain menggunakan kertas HVS bekas, kertas kardus bekas, kita juga bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia untuk membuat selembar kertas.


Tanaman apa saja yang bisa dibuat menjadi kertas atau Handmade Paper?


Pada dasarnya untuk membuat kertas kita memerlukan serat tanaman yang dikenal sebagai selulosa. Serat tanaman dari dulu sering digunakan untuk membuat kerajinan seperti dompet, anyaman, tidak terkecuali kertas.


Untuk membuat kertas dari tanaman, teman-teman bisa menggunakan bahan-bahan limbah dapur seperti kulit jagung, kulit bawang merah/putih/bombay. Diluar itu teman-teman bisa juga menggunakan jerami padi, kulit luar batang pisang, pandan bahkan bambu sebagai bahan pembuatan kertas.


Berbeda dengan kertas bekas yang bisa dihancurkan menggunakan blender, batang tanaman yang cenderung liat memerlukan penanganan khusus sebelum dibuat menjadi bubur kertas.  Jerami padi perlu dimasak menggunakan bahan kimia bernama Soda Api. 

Menurut Wikipedia Soda Api adalah Natrium hidroksida, juga dikenal sebagai lindi (lye) dan soda kaustik atau soda api,[1][2] adalah suatu senyawa anorganik dengan rumus kimia NaOH. Senyawa ini merupakan senyawa ionik berbentuk padatan putih yang tersusun dari kation natrium Na+ dan anion hidroksida OH.[11]

Natrium hidroksida merupakan basa dan alkali yang sangat kaustik, mampu menguraikan protein pada suhu lingkungan biasa dan dapat menyebabkan luka bakar bila terpapar. Senyawa ini sangat larut dalam air, dan dengan mudah menyerap kelembaban dan karbon dioksida dari udara.

Saya pernah membuat kertas Jerami Padi seperti pada foto diatas dan saya pikir saya akan membagikan cara membuatnya disini. 


Mohon dibaca dengan seksama dan mengikuti persyaratan yang tertera seperti WAJIB menggunakan alat keselamatan dasar dan gunakan alat-alat berbahan dasar stainless steel / plastik. Bahan-bahan non stainless steel seperti Alumunium akan bereaksi dengan Soda Api dan ini sangat berbahaya.


Resep Membuat Kertas Jerami

Bahan:

  • Jerami Padi Kering ( Bisa cari di sawah, terutama saat habis panen, para petani mempunyai stok yang melimpah).
  • Cetakan Kertas Daur Ulang (Bisa dibeli di Shopee/Tokopedia KertasbyALin ya)
  • Lumpang dan alu, jika tidak punya alternatif lain pemukul daging / pemukul kayu. Lumpang dan alu digunakan untuk memukul-mukul serat jerami padi supaya lembut hasilnya. Lumpang dan Alu bisa dibilang pengganti blender untuk menghancurkan kertas.
  • Soda Api -- bisa dibeli di toko bahan kimia (beli dalam kemasan 500 gram untuk percobaan pertama) atau bisa juga dibeli secara online di marketplace.
  • Gelas Takar berbahan kaca / plastik. Kaca lebih direkomendasikan.
  • Sendok Stainless Steel / plastik. Direkomendasikan stainless steell.
  • Takaran Sendok Stainless Steel
  • Wajib ada yaitu alat keselamatan: Kacamata, sarung tangan, masker.
  • Panci Stainless Steel, harus stainless steel ya kalau tidak nanti bereaksi dengan Soda Api.
  • Air
  • Timbangan Digital
  • Ember

Cara Membuat:

1. Timbang Jerami Padi menggunakan timbangan gantung (biasa dipake oleh kurir utk menimbang berat paket).

2. Rendam Jerami Padi sehari semalam.

Rendam Jerami Padi semalaman sebelum diproses

2. Siapkan soda api. Aturannya adalah satu sendok makan soda api utk tiap liter yg digunakan atau 20% dari berat Jerami Padi. Jadi kalau misalnya berat Jerami Padi 500 gram x 20% maka soda api yang dibutuhkan adalah 100 gram (gunakan timbangan digital untuk menimbang soda api. Gunakan selalu sarung tangan, masker, kacamata ketika menimbang soda api.

Soda Api

Gunakan selalu sendok takar stainless steel / berbahan dasar plastik karena tidak bereaksi dengan Soda Api.

Soda Api sering di salah pahami dengan soda ash (abu soda). Keduanya mirip tapi berbeda. Soda api biasanya dalam bentuk bongkahan sedangkan abu soda lebih halus. Di toko bahan kimia keduanya dijual dalam kemasan 500 gram dengan harga sekitar Rp. 5.000,00 / gram.

3. Ambil gelas takar yang terbuat dari kaca lalu isi dengan air panas dan masukkan soda api ya. Aduk hingga larut. Jangan sampai terbalik karena sangat berbahaya. Bisa meledak jika dimasukkan soda api dulu, baru airnya masuk. Aduk-aduk menggunakan sendok stainless steel / plastik ya yang tidak bereaski dengan Soda Api.

Gunakan Gelas Takar dari kaca / plastik yang tidak bereaksi dengan Soda api. Begitu pula untuk sendok  untuk mengaduk larutan Soda Api dan sendok untuk menakar Soda Api. Penting sekali untuk memisahkan alat-alat ini. Jangan gunakan alat-alat ini lagi untuk memasak bahan makanan untuk keluarga setelah digunakan untuk membuat kertas tanaman.

4. Masak Jerami Padi di panci yang diisi air, masak hingga hampir mendidih lalu masukkan larutan soda apinya. Peringatan: Masak diluar rumah yang sirkulasi udaranya baik demi keamanan karena asap yg terhirup tidak baik untuk jangka panjang.

Masak menggunakan kayu api juga bisa dijadikan alternatif karena api nya lebih cepat sehingga lebih cepat matang. Memasak Jerami Padi menggunakan Soda Api diperlukan waktu sekitar 1 jam. 

5. Masak hingga lunak kurang lebih 1 jam. Lebih dari itu kertas Jerami bisa hancur. Jika teman-teman ingin kertas Jerami nya nanti sama seperti pada foto pertama yaitu tekstur jeraminya masih terlihat maka cukup memasaknya satu jam. Jika kertanya ingin benar-benar mirip seperti kertas merang bisa dimasak lebih dari satu jam.

Masak hingga lunak seperti ini.

6. Jika sudah masak, angkat dari panci lalu dinginkan dan cuci dengan air mengalir. Tujuannya utk menghilangkan soda api dan lignin. Lignin adalah zat yang melekat pada serat tanaman yang bisa mengakibatkan kertas menguning dalam jangka panjang (archival).


7. Pukul-pukul Jerami yang sudah dimasak menggunakan pemukul daging atau lumpang dan alu hingga seratnya memisah.


8. Masukkan Jerami Padi kedalam ember dan saring menggunakan cetakan kertas daur ulang lalu buat jadi kertas kertas seperti biasa. Teman-teman bisa menyaksikan tutorial Membuat Kertas Daur Ulang sebagai referensi.


Tutorial Youtube KertasbyAlin Membuat Kertas Daur Ulang


Proses Penjemuran Kertas Jerami. Jemur di pagi hari / sore hari ya, jika terlalu terik panas, bisa mengakibatkan kertasnya bergelombang, atau jika teman-teman tidak mau repot, bisa cukup diangin-anginkan. Jika diangin-anginkan tentu saja proses pengeringannya lebih lama yaitu bisa lebih dari satu hari tergantung suhu udara.

 Tutorial cara menyaring kertas Jerami ada di Youtube KertasbyAlin.


 Proses menyaring kertas Jerami pada dan membentuknya menjadi selembar kertas.

Nah mungkin teman-teman terbersit pertanyaan seperti apakah kertas ini bisa dicetak. Ya, sepertinya bisa, jadi dicoba aja ya. Atau teman-teman bisa menggunakan metode cetak lain seperti Linocut / sablon.

Selamat Mencoba dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami ya.


Ibu Chandra Malini / 0888 1243 218

 

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib